Pick one you like!

Sunday, March 14, 2010

Week #6: I LOVE LUGANSK

Minggu ke-enam, 8-14 Maret 2010

Mau tau kenapa posting ini aku kasih judul I LOVE LUGANSK ??

Soalnya…hmm…hm… ngga tau kenapa, di kota ini begitu banyak kegembiraan yang aku rasain sampe sekarang. Begitu banyak cinta, banyak kemudahan yang aku dapet. Contohnya, pas hari senin, tanggal 8. Hari itu diperingati sbg hari wanita sedunia atau International Women’s day, dan di Ukraina dirayakan sbg hari libur nasional. Hari itu para wanita, para ibu, para gadis merayakan bersama orang(-orang) terkasihnya. Hari itu, aku merayakannya bersama Anna :)

with Anna at Melange Cafe


Pagi2 Anna udah dateng ke flat dan bawain aku hadiah sekotak Truffle dan lipgloss. Terus kita keluar ke café bernama Melange buat having brunch (breakfast and lunch). Kita pesen makanan yg sama, omelet isi ayam dan mentega dan masing-masing secangkir kopi yang berbeda. Aku pesen kopi saus kelapa-kacang dan anna pesen kopi-apa-gitu-namanya-aku-lupa-pake-bahasa-rusia-tuh yang sepertinya juga bikin ngiler sambil garuk2 tanah. Sambil makan dan minum, kita saling berbagi cerita. Mulai pendidikan, masa kecil, keluarga, ngomongin Roy, sampai masalah cinta. Di tengah kesendirianku yang jauh dari keluarga, teman, dan jomblo (halah),I felt alive beside her. Rasanya seneng punya temen yang sehati…
abis itu kita jalan2 muter2 pusat kota sambil nyari anting buat aku. Dan pas udah ketemu yang cocok, aku minta dia buat pilihin warnanya :)

my new earrings


Kharkiv Railway Station


alasan kedua kenapa aku cinta kota ini adalah, kota ini sudah serasa rumah. Kenapa? Gini ceritanya:
Akhir minggu ini aku dan Andin pergi ke Kharkiv buat ngunjungin temen kita si Nia yang juga di proyek WWB, sekalian jalan2. Kita berangkat pake kereta hari jumat jam 11 malem. Keretanya nyaman sekali, yah sekelas Sancaka eksekutif lah, lebih bagus dikit. Nyampe di Kharkiv jam setengah 6 pagi hari sabtu. Sambil nungguin dijemput Nia, kita ke McD buat sarapan sekalian WiFi-an. Ngga lama setelah Nia dateng, kita cabut menuju hostelnya dia. Kita menuju stasiun lagi buat naek Metro—kereta bawah tanah. Selesai beli token, kita jalan menuju peron. Bodohnya kita berjalan sambil ngomong bhs.Indo keras buanget dengan terlalu dekat ama polisi…dan alhasil, kita di stop.

Polisi: blukutuk-blup-blukutup (pake bhs rusia ngga tau artinya)
Nia: Ya Ne Panimayo Po Russki (arti: gue ngga paham bhs rusia)
Polisi: bluk-blupukup-paspor, PASPOR!

Akhirnya kita bertiga nunjukkin paspor kita, dan…sialnya, Andin lupa bawa kartu imigrasinya. Akhirnya kita dibawa ke kantor. Aku dan Nia disuruh duduk sementara Andin dimasukin ke kamar sempit bersama salah satu polisi. Aku dan Nia ditanya2in macem2, tapi apalah daya, kita ngga bisa bahasa Rusia dan si polishit nya ngga bisa bahasa Inggris. Biar cepet, si Nia nunjukkin invitation letternya yang (untunglah) dalam bahasa Ukraina. Si polishit angguk-angguk dan (sepertinya) bilang, aku dan Nia boleh keluar dan Andin bakal tetep disini. Andin dan polishit laennya keluar dari kamar, gue ngga tau lah mereka abis ngapain aja, yang jelas andin terlihat buru2 nutup resletingnya. Resleting tas maksudnya… :DD
Nia dan aku ngga mau ninggalin Andin disitu, akhirnya kita pake jalan pintas aja..

Nia: how much money do you want?
Polishit: iufghjvbiulhghgkjn….????
Aku: grivnas grivnas, skolko grivnas??
Polishit: *nulis di kertas: 340 grn*
Aku dan Nia: NOOOOO…. *coret 340 - 50*
Polishit: *tambahin satu nol dibelakang 50*
Nia: *coret satu nol*
Polishit: *tambahin lambang € di depan 50*
Nia: NOOO! *coret €*
Polishits: *ketawa ngakak* HUAHAHAHAHA…… horosho…

Akhirnya kita deal dengan 50 grn atau setara dgn Rp.60.000

Sesudah bayar, si polishit bukain pintu dan aku keluar duluan. Nyampe di luar, aku masukin pasporku ke tas. Aku nunggu sekian menit, kok anak dua ngga keluar2? Aku balik ke dalem. Somehow I don’t know terjadi pertarungan sengit di dalem: Nia si gadis kecil memperebutkan dengan saling tarik-menarik, sesuatu dengan seekor polisi tinggi besar. Sepertinya itu kamera. Si polishit bersikeras ngembaliin tuh duit 50 grn tapi nahan kameranya Andin. Aku ngga tau apa yang terjadi, aku bantuin si Nia mendapatkan haknya kembali. Setelah itu si Nia minta maaf bolak balik, ngasihin lagi tuh duit 50, dan kita dibebasin.

Sampe di luar, aku nanya si Nia kenapa bisa sampe berantem kayak gitu. Ternyata si Nia berniat motret mereka buat dilaporin ke KBRI, tapi baru Nia sempet ngomong ‘kamera’ mereka langsung bertindak. Hff, ya iyalah neng, kalo sampe mereka mau difoto itu namanya mereka bener2 goblok.


worth the dropping x)


Kita pun bebas dan menikmati jalanan dan pemandangan kota Kharkiv. Setelah mampir bentar ke hostel Nia, kita keluar lagi buat presentasi di Indonesian Speaking Club di sebuah institute khusus International Relations and Foreign Affair Studies. Ternyata ada juga segelintir orang yang belajar bhs.Indo disini.
Kita pun berniat makan eskrim di tempat yang kata Nia mantep banget eskrimnya. Di tengah perjalanan ke sana, kita mampir bentar buat foto2 ato sekedar liat2. Pas kita lagi asik foto2, tiba2 ada 3 orang cowo dateng nyamperin kita.

Cowo A: blukutuk-blukkuuk-blup
Nia: Ya ne panimayo po russki
Cowo A: aah, English?
Aku: Da.. (ya)
Cowo B: bledth (misuh).. my…name…is…Andrei
Aku: hi Andrei…
Andrei: money…money…five dollars
Nia: net dollar (ngga ada dolar)
Andrei: bl*dth (misuh lagi) my…name…is…gangster…give money…
Aku: oh Andrei I’m sorry…can u go home now? You’re mother is waiting…

Dan kita bertiga pergi meninggalkan ketiga preman kelas plankton tsb.
Huff…oalaaah leee tholeee, kalo mau malak tu ya mbok yg niat toh, belajar karate dulu, belajar nembak dulu, yg utama, belajar bahasa inggris dulu…AHAHAHAHH

Yah, meskipun (untunglah) Cuma preman kelas plankton., tapi tetep aja sepertinya Kharkiv menyambut kami dengan cara yang sangat-sangat aneh. Pagi diawali dengan polishit, dan ditutup dengan gangster.

Terus kepada siapa sebenarnya kita musti minta tolong?? Kepada Tuhan YME, yah, seratus anak2…

three of us!


Itulah dia alasan2 kenapa aku cinta Lugansk dan segala isinya (weddehh). Meskipun kita kayak hampir tiap hari ngelewatin kantor polisi, ngga pernah tuh di stop dan dimangsa. Meskipun kita hampir tiap hari pulang saat hari udah gelap dan lewat tempat sepi, ngga pernah tuh dipalakin preman. Dan meskipun kota ini nggak sebagus dan sebesar Kharkiv, aku merasa lebih ‘hidup’ disini berkat orang2 baik di sekelilingku :)

i ♥ lugansk, it feels almost like home :)

2 comments:

Matius Motu said...

Hi..Prasasti..aku punya kenalan di kota ini
dari ceritamu cukup membuat aku paham dengan kotanya..wah ternyata begitu yah..
di bawah ini alamatnya yg dia kasikan ke aku..
40 High St, Bangor, Maine

orangnya..Cewek.. ha ha ha...

Dana Fahadi said...

Hi Matius..
oh ya? dia di kota Lugansk? apa dia orang asli Lugansk?