Pick one you like!

Monday, February 1, 2010

story of a single traveller part.1

Hmm, saya berjanji akan menceritakan semua, ya, SEMUA kejadian yg saya alami di benua biru dan detik2 sebelum dan sesudahnya. Ya, saya mengikuti program exchange dari AIESEC untuk menjalani internship di Ukraina, sebuah Negara eksotis di bagian timur Eropa. Here it goes the first story from the very first day…

24 jam pertama

Jakarta, 31 januari 2010

19.50

Yak, berangkat dari Soekarno hatta airport pake Etihad Airways. Aku dan andin sempet kena masalah dikit di check in, soalnya tiket kita sampe London, tapi kita ngga punya visa UK, Cuma punya visa ukraina. Akhirnya mereka kroscek sana-sini nanya macem2 sampe emosi hff.. udh bolak balik jelasin klo ngga perlu visa UK karena transitnya ngga sampe 24 jam, eh ngga percaya sampe telpon officer nya di perwakilan Malaysia, zzz. Akhirnya si officer bilang emang gpp, yaudah akhirnya selesailah check in plus2 itu..

Sedikit berlari ke gate E7, pas ngantri di scannernya aku ngeliatin ada bule beli rokok seabreg, aku ketawain eh tiba2 si mas2 penjualnya noleh trus senyumin aku, gubrakk dia kira aku senyumin dia kali ya? Zzzz. Masuk ke terminal E7, musti ngantri lagi mau masuk ke belalai. Buset deh, ada antrian panjang banget dan semuanya cewe berjilbab! Aku mulai khawatir, ngga papa nih aku ngga pake jilbab? Secara ini maskapai Negara ‘Arab. Terus aku amat2in eh, ternyata ini para TKW. Eh, eh, EH! APA AKU BAKAL SEKABIN AMA TKW? Oh shoot..

Ternyata kita (aku, andin, dan para TKW) emang sepesawat, tapi beda kabin. Dan dari pintu masuk sampe seat aku ngga liat TKW berceceran sedikitpun, padahal mereka masuk duluan, hmm aku bertanya2 apa ada kelas khusus TKW ya? Kalo iya dimana? Hmm, ngga terlalu penting deh (ya IYALAH!)..

Oke, duduk di pesawat, dan dapet seat sebelah jendela, actually posisi duduknya 3-3-3 (pake boeing 777 yg segede gaban) . ehm, ngetweet buat yg terakhir kalinya (cz ngga tau kapan lagi bisa ngetweet) dan sms beberapa orang tercinta buat pamitan sebelum akhirnya:

Pramugari: sorry miss (and mr) please turn off ur mobile phone

Aku: oh, ok. Sorry

Hmm, aku mulai otak atik multimedia device nya, ya, layar 10’’ di depan aku dengan remote yg bisa ditarik2, like most of other international aircrafts. Jelas aja masih belom bisa nyala, tulisannya masih ETIHAD dgn iklan2 negara UAE. Ngga lama pesawat pun take off, tiba2 si andin:

Andin: eh mano, nih remotnya bisa buat telpon ya?

Aku: bisa

Andin: asik dong! (mulai mencet2)

Aku: ehm, harus digesek credit card dlu ndin..

Andin: . . .

Terus si mbak2 pramugari dateng dan ngomong:

Pram: well actually we have no more passengers so you can move and lay down..

YAAAAYYY!!! Andin aku suruh pindah ke seat depan dan kita bisa merasakan (sedikit) kenyamanan kelas bisnis di kelas ekonomi (baca: tidur selonjoran). Hmm, aku mulai memilih2 film, dan aku milih All About Steve, yg maen Sandra Bullock sama Bradley Cooper. Filmnya gokil dan aku suka cz ada Bradley Coopernya. Ngga lama, si pramugari dateng ngasih2 minuman, aku ditawarin jus tapi aku minta susu wuahaha. Terus dateng lagi ngasih makanan, pilihannya Ayam, Ikan, ato Kambing , aku milih Ikan, ternyata itu ikan bumbu gule, ehm, rasanya ngga enak2 banget jadi ngga gw abisin. Kepala mulai pusing dan aku pun mimi obat seabreg dari 2 dokter, THT dan endoskopi. Yah karena aku emang punya sinusitis deket otak, jadi harus minum obat klo ngga mau kepala aku kaya dicengkram Rubeus Hagrid.

Hmm well, lanjutin nonton film aja ah.. Film kedua mulai bingung, akhirnya milih 500 days of summer. Tapi belom selese nonton, ngantuk udah mulai menyerang, hmm yaudah, aku ke toilet dulu, lepas softlens. Pas masuk, buset deh, nih toilet pesawat apa hotel? Sama hotel Gujo Hachiman Inter (hotel aku pas di Jepang) aja bagusan toilet ini. Aku balik ke seat, dan nyetel lagu-lagunya Michael Buble as my lullaby sebelum akhirnya melayang kea lam mimpi.

Hmm, nyaman banget tidur aku, bisa selonjoran dan hawa di dalem pesawat ngga seberapa dingin. Sejam sebelum mendarat, aku kebangun. Ke toilet lagi cuci muka dan pasang softlens (ya, aku pake softlense soalnya foto di passport aku ga pake kacamata dan aku benci diliatin dgn penuh curiga oleh petugas imigrasi). hmmh si andin masi ngiler. Ngga lama, pesawat mulai memasuki modus taxi. Si pramugari dateng dan ngebangunin penumpang yg masih tidur selonjor untuk berada di posisi ‘make your seatback in upright position-fasten your seatbelt-and close the table in front of you’. Pas bangunin andin, si mbak nglirik sambil senyum geli ke aku, aku ngelongok, ternyata andin masih tidur terlentang dengan mulut terbuka dan tangan masuk ke celana (yg ini ngga ding, lebay dikit ah ;p). akhirnya aku yg bangunin andinn soalnya kesian ama mbaknya siapa tau dia takut kena herpes :p

Pesawat pun memasuki modus taxi, 15 menit kemudian mulai keliatan deh pemandangan Abu Dhabi malam. Subhanallah, indah banget. Lampu2nya tersusun rapi, rumah2nya terkotak2 teratur semua. Aku ngga bosan2 ngeliatin luar mulu, sampe leher pegel pun ngga masalah. Pesawat mendarat dengan cukup lembut untuk ukuran segede itu, jauh beda ama pendaratannya Li*n Air yg rasanya kayak naek Niagara-gara di dufan (eh, kyknya aku belom pernah naek Niagara-gara deh :p). penumpang pun keluar pesawat satu persatu.

Abu Dhabi, 1 Feb 2010

01.00

Nyampe di airport, lagi2 aku ternganga, gila, bagus BUANGET airportnya. Pemandangan sekitar sudah mulai berbeda, orang2 berhidung gede, bermata dalam, dan beralis tebel. Beberapa make jilbab, gamis, ato sorban. Dan kaya kata andin: inilah bangsamu, mano. (dia bilang aku mirip orang Pakistan instead of indo. Enak aja, aku mirip Mandy Moore tauk huh..) mulai ngantri di scanner lagi buat masuk ke ruang tunggu. Terus aku nyalain hape, dan muncul tulisan ETISALAT di pojok kiri atas, yg berarti operator hapeku udah menyesuaikan dengan operator local. ~Tiriring-triring, kayak 6 sms masuk ke hape aku, 3 diantaranya dari nyokap, dan semuanya mengucapkan selamar jalan dan menanyakan sampe mana..

Andin: eh, asik bgt mano, bisa nyala operatornya..

Aku: iya dong, udah aktif int’l roamingnya…

Andin: huff, iya deh, at least disini WiFi

Aku: eh, beneran? Gratis??

Andin: kyknya..

Ok, kita udah di depan scanner. Entah ini Cuma perasaanku ato ngga, tapi si petugas terlihat lebih ramah sama aku ketimbang andin dan orang2 laen. Yah, mungkin kali ini kau benar, ndin. Saya terlihat seperti orang timur tengah.

Masuk ke ruang tunggu, dan kayak ada belasan computer berjejer sepanjang koridor. WAAW free internet booth plus free WIFI! Really great airport. Juanda aja masih pake preshared key dan koneksinya payah. Sambil nunggu pintu terminalnya buka, aku twitteran dan fesbukan. Pasang status dan tweet , ngabarin klo aku udah ada di bandara Abu Dhabi. Ada beberapa message di wall, pada bilang selamat jalan dan wondered where I was at that time. Tiba2 aku pengen ke toilet, dan akhirnya terwujud (apaan sih). Aku nyoba ngelanjutin twitteran di toilet, tapi, oh no, koneksinya keputus. Yah mungkin memang di toilet, WIFI di non aktifin untuk menghindari hal2 yg diinginkan, download film sambil boker, misalnya. Selesai, aku keluar dan mau cuci tangan. Aduh, tapi bingung nih gimana nyalain kerannya. FAKK, kampunganku mulai keluar. Oh, ternyata ada sensor pad nya yg kudu disentuh baru airnya keluar. Canggih bgt deh pokonya.

Keluar dari toilet, pintu terminal mulai dibuka, para calon penumpang mulai ngantri. Antrianku ngga terlalu belakang sih. Perlahan-lahan maju. Eh tapi kok ada ribut-ribut di depan ada apaan sih?

Emak2 kulititem gendut (EKiG) : I booked this flight!

Petugas (P): but it’s wrong number maam.

EKiG: how come?! I bought it online!!

Petugas: okay, follow me please, we’ll do some cross-check

EKiG: what? Why? NO. I belong to this flight!!

Petugas: if u’re sure that this is ur flight, u wouldn’t push the cross-check away maam. Follow me!

EKiG: !@##$%^&*()!*(

Akhirnya si emak2 ngikutin petugas itu sambil ngomel, mungkin klo dia bawa tongkat sihir, tuh petugas udah jadi sapi kali ya..

Kita pun masuk ke ruang tunggu terminal. Nyari2 kursi. OHMAIGOSH, ada bule ganteng banget mirip Adam Lambert. Tuhanku…inikah awal dari surga mata dunia yg menungguku?? ~.~

‘’Flight number xxx…’’

Oh, ternyata udah bisa masuk pesawat! Okay, see you in London (‘s story) guys!!! :-*



No comments: