Pick one you like!

Monday, February 1, 2010

a story of a single and available traveller (part 2)

Next 24 hours

Etihad Aircraft, Abu Dhabi Sky, 1 Feb 2010
02.00 GMT+5

Berjalan di belalai menuju pesawat. Disambut oleh 2 orang steward (mau nyebut pramugara ngga enak, lu kate Niagara-gara?) dan 2 orang stewardess. Pramugarinya yg satu sejenis orang turki gitu, yg satu sejenis orang afrika, (kita sebut yg terakhir sbg Pramuka/pramugari afrika, karena dia bakal muncul lagi nanti disini.) tapi stewardnya, subhanallah, ganteng2 abis. Kita pun jalan lagi ke tempat duduk. Kali ini 2-3-2, karena pesawatnya lebih kecil. Huff, nampaknya not a chance kita bakal merasakan kelas bisnis lagi, soalnya kali ini penumpangnya banyak

Kita pun duduk, pesawat take off. beberapa menit setelah modus taxi , para kru kabin mulai seliweran nawarin minuman. Ehm, ternyata yg nawarin di aisle-ku si pramuka sama steward ganteng (yg kayanya) homo.

Pramuka: what do you want, maam?
Aku: milk
Pramuka: I don’t have milk in my cart *nada ketus
Aku: oh okay, tea please
Pramuka: with milk or sugar?
Aku: -.-

Hello, I don’t care if u don’t have milk in ur cart, u surely have milk in ur kitchen cause u have coffee and tea. Padahal di flight sebelumnya si pramugari jg ngga punya susu di trolinya tapi dia mau ngambilin buatku dari dapur. Ah udhlah.

Aku pun ngelanjutin nonton 500 Days of Summer. Jadi inget mas gde yg rekomendasiin banget nih film. Ternyata dia bener, film ini emang keren abis. Kelar nonton film, aku mulai ngantuk. Akhirnya aku milih2 lagu buat lullaby, eh Michael buble ngga ada, tapi ada The Holy Qur’an. Aku coba setel, hmm ternyata rekaman orang ngaji. Yaudah deh siapa tau bisa jadi pengusir setan2 di dalem diriku, hwahaha.

Aku pun tertidur. Ngga lama, sekitar 45 menitan aku kebangun. Leherku pegel soalnya tadi aku tiduran miring di andin. Ganti posisi aja ah, pikirku. Aku mencoba merem lagi dengan earphone masih menyuarakan orang ngaji. Tiba2 ngga tau kenapa badanku rasanya panas tapi menggigil. Nyoba tidur tapi ngga bisa-bisa. Aku coba lepas earphonenya. Pelan2 badanku mulai mendingan, tapi tetep ngga bisa tidur. Ya Allah, apa itu ya artinya? Ampuni hamba Ya Allah :(.

Karena ngga bisa tidur sementara perjalanan masih 2 jam lagi, aku maen game aja. Semacam kuis pengetahuan gitu lah. 6-7 kali game, aku mulai bosen. Tiba-tiba si steward homo dateng nawarin teh/kopi lagi, yaudahlah sekalian ngga tidur wae aku pilih teh.bosen maen game tapi ngga tau musti nonton apa (semua film bersubtitle arab, no English, apalagi Indonesian), yaudah akhirnya aku milih film yg udh pernah (atau sering lebih tepatnya) aku tonton aja: Harry Potter and Sorcerer’s Stone. Film belom abis tapi aku udah bosen. aku pun main game lagi: Who Wants To Be A Millionaire?

Ngga kerasa langit di luar jendela mulai berubah warna, dan pilot berbicara bahwa pesawat mulai memasuki modus taxi. Aku pun melongok ke jendela, mulai tampak lampu2 di daratan Inggris Raya. God, aku ngga percaya sebentar lagi mimpiku bakal terwujud: menginjakkan kaki dan menghirup udara kota London. Lima menit, sepuluh menit, lima belas menit, mulai lebih jelaslah pemandangan di luar begitupun karena semakin terangnya langit. Aku lihat sebuah siluet berkelok kelok, dan aku sadar ternyata itu sungai Thames, dan aku langsung deg-degan cause I know that in a minute bakal ada: BIG BEN. Subhanallah, benda yg terakhir kali aku lihat hanya di dalam film Sherlock Holmes itu kini hanya terpisahkan dua lapis kaca denganku. Ternyata dreams do come true someday guys! Teruslah bermimpi! ;)

Heathrow Airport, London, United Kingdom
February 1st 2010
07.35 GMT +0

Akhirnya pesawat mendarat di bandara International Heathrow, London. Para penumpang pun berbaris keluar dari pesawat. Aku ngelewatin si pramuka dan di saat dia harusnya tersenyum dan mengucapkan: ‘thank you for flying with us, see you in the next flight’, dia malah mbesengut, jadi semakin pengen gue siram bensin.

Nyampe di terminal 4, mulai kerasa hawa2 yg bikin bulu merinding: DINGIN. Oh God, terahir aku lihat di YM Insider-ku suhu di London ‘hanya’ 0’ C. akhirnya kita ke kamar mandi dulu buat pake baju lapis yg hangat (ya terpisah lah kamar mandinya, Andin malu masuk kamar mandi cewe…maluuuu jareneee xD).

Setelah ganti baju, kita menuju ke Imigrasi konter. Buset antriannya ngalahin antrian premier New Moon aja. Ada sekitar 5 ato 6 konter yg buka dan 4 diantaranya yg jaga adalah orang Asia (baca: India ato Arab) mana ada yg berjilbab lagi. Ehm, bagus buat kami siapa tau jadi lebih lancar. Lima belas menit ngantri sambil ngeliatin orang2 yg ditanya2in. banyak orang2 Asia ato Afrika yg lama bgt di konternya (bikin sewot). Di depanku ada bule cowo yg cute juga, keliatannya dia orang australi gitu dari tampangnya (emang bisa keliatan ya? Haha), dan dia di konter cuman kayak 30 detik! Oh, ya jelaslah, orang australi ngga perlu visa buat masuk UK. Tiba giliranku dan Andin.

Andin: mano, saya mengandalkanmu…
Aku: kapan sih ngga nya? (:p)
Oke, kita kebagian di konter yg dijaga mbak2 India berjilbab (MIB)
Aku: Morning..
MIB: Morning, your passport please?
Aku: here you go. But actually we’ll have connection flight to Ukraine in Gatwick Airport at 11 o’clock, so it’s just transit here.
MIB: could you show me that flight ticket?
Aku: sure.
MIB: ah, ya. You are from Indonesia so you can go on TWOV (transit without visa in UK) cause it’s no more than 24 hours.
Aku: sure, I see *smile

Sementara si MIB ngecek2 form.dan tiketku serta nulis2 sesuatu di passport. Aku ngeliatin konter sebelah, di mana petugasnya sedang nanganin cowo ehm, sepertinya afrika, yg (katanya) mau studi di UK. Kita panggil dia PKS (petugas konter sebelah) dan BI (bocah item).

PKS: why do you want to study in UK?
BI: err…!#@#$*(#^(()_*1 (menggumam ngga jelas)
PKS: do you speak English?
BI: YES!! (keras banget)
PKS: *shocked uhh, so u should know what I asked you: why do you want to study here in UK??
BI: err, I…study….!@#*$&*(@*#( (lagi2 kumur2)

Hemm, ya gini-ini yg bikin imigrasi cek lama. Kendala bahasa dan kepandaian kita ngeyakinin petugasnya. Buktinya aku dan andin, meskipun kita bukan bule dan kita perlu njelasin masalah TWOV dll, cepet aja kok prosesnya. Selesailah di konter imigrasi, kita lanjut ambil bagasi dan menuju gate keluar bandara. Kami punya tiket bus National Express langsung menuju bandara Gatwick jam 08.50, tapi kami bingung harus nunggu di terminal mana. So, aku nanya ke bagian informasi bus. Katanya kita musti keluar terminal 4, nyebrang jalan, belok kiri ada konter National Express, nah nanya disitu aja.

Oke, akhirnya kami ke sana. Begitu keluar, whatdefakk, anginnya kenceng banget ademnya minta ampun! Waktu itu aku belom pake sarung tangan. Setelah beberapa menit sesi foto dan video, tanganku mulai kebas mati rasa, akhirnya aku pake. Begitu masuk konternya, ada seorang mbak2 yg jaga.

Aku: I’ve bought this ticket online. Where should I wait for the coach?
Mbak2: uhm, you go straightly from this way (nunjuk arah kiri), and you can find Bus Stop number 7, and u’ll get free bus to terminal 5.
Aku: okay.

Akhirnya kita pergi ke tempat yg ditunjukkin mbaknya. Uh, oh, tapi kok bus yg ke terminal 5 ngga dateng2 ya? Akhirnya Andin ke tempat mbak2 tadi dan nanya lagi. Lama banget apalagi udara dingin menggigit banget nget. Akhirnya Andin balik dan bilang:

An: mano, kata mbaknya kita suruh nambah £5 trus tapi kita tinggal nunggu busnya dari konternya dia aja.
Ak: ah yakin kmu? £5 buat berdua?
An: iya. Tapi duit poundsterlingku udah ngga laku, jadi aku pinjem punyamu dulu dong.
Ak: grr..nih..
Sebenernya aku ga papa pinjemin uang, Cuma aja tanganku beku dan untuk ngambil uang di dompet harus lepas sarung tangan dulu -.-
Akhirnya kita balik ke konter mbaknya. Sepuluh menit lima belas menit busnya ngga dateng2. Aku pun meriksa2 tiket yg dikasih mbaknya ke andin..
Jam 09.10…for 1 adult.. eh… ONE ADULT???
Ak: eh, ndin, yakin nih, ini buat satu orang tauk..
An: ah masa sih?
Ak: iya..NIH (nunjukin tulisan 1 adult)
An: wah mbaknya piye sih? (balik ke konter)
Untuk percakapan antara Andin dan si embak dapat dilihat di link ini:

http://andiens007.blogspot.com/2010/02/tentang-awan-dan-makanan.html

Akhirnya kita bisa dapet buat 2 orang. Sambil nungguin bus aku liat2 orang2 yg lalu-lalang di depanku. Hmm, sejauh mata memandang semua orang rasanya mirip Sir Alex Ferguson deh, yah sama2 ‘coach’ sih, tapi bukan ini yg aku tunggu(kalo di Inggris, ‘coach’ bisa berarti pelatih atau bus).. tiba2 ada bule cowo berdiri di sebelahku, GOSH, ganteng abis.. muka2 orang prancis gitu lah.. huff, disini sapa sih ngga ganteng, kuli tukang angkut2 tiang besi aja ganteng. Ah paling yg ngga juga cuma cowo di sebelah gue ini (baca: Andin) :p.

Setelah sepuluh menit yang berangin beku, akhirnya si coach (bus) dateng juga.. begitu berenti, si supir bus turun (buset, ganteng lagi xO) buka bagasi, dan bantuin ngeluarin (dan masukin) barang2. Somehow, si supir kepalanya kejedot pintu bagasi, aaww, sini sini tante obatin.. (xp)

Sepanjang perjalanan menuju bandara di kanan-kiri cuma jalanan dan pohon (yaiyalah orang lewat jalan tol) emang pada rutenya dari Heathrow ke Gatwick ngga ngelewatin pusat kota, jadi ngga bisa ke Stamford Bridge atau Wembley dan Big Ben, huhu. Tapi ngga papa, nanti pas mau pulang ke Indo kan bisa, dan hawanya udah ngga sedingin ini pasti ^^.

Akhirnya kita nyampe juga di Gatwick. Turun dari bus, aku nyari2 troli. Ah, itu dia! Tapi….WHATHELL!!! ‘please insert £1 to release the trolley’ . Damn it, I have like £50 tapi ngga ada yang bentuk koin! KERTAS SEMUA!!! FCUK!!!

Oke, alhasil, kita geret2 koper sampe ke bagian check in, yang notebene petugasnya baik dan ramah banget. Alhamdulillah, coz setelah fitness gratis (baca: geret2 koper mendaki lantai demi lantai) jangan sampe disewotin orang, otherwise I’d blow up.

Setelah check in, kita menuju ke gate 21, tempat masuk ke UIA (Ukraine International Airways) . di lobby ada McD, dan setan2 di perutku mulai manggil2, oh tapi waktu ngga mengijinkan kita, soalnya udah mepet bgt. Setelah treadmill gratis (baca: lari2 di conveyor belt menuju gate 21) akhirnya kita nyampe juga. Setelah pemeriksaan paspor dan wawancara singkat oleh Didier Drogba (ya, petugasnya sumpah mirip Didier Drogba, to mbak Indri: sudah kusampaikan salammu xD) kita masuk ke ruang tunggu, disana ada beberapa mesin penjual minuman dan makanan tapi…shit…lagi2 harus pake koin..oh GOOOD, akhirnya aku Cuma bisa berdoa semoga makanan di UIA bisa dimakan (eatable). Aku duduk di salah satu kursi di sebelah bule eropa timur yg (lagi2) ganteng abis. Ngga lama, gerbang ke pesawat dibuka, and we’re ready for the next challenging flight. See you guys there, and stay tuned :-*


in front of terminal 4, Heathrow Airport, London, UK
UK UK UK :D

No comments: