Pick one you like!

Tuesday, February 2, 2010

a story of a single and available traveller (part 3)

Gatwick Airport, London, 1 February 2010
11.00 GMT 0

Masuk ke pesawat UIA (Ukraine International Airlines) dengan perasaan yang sedikit overexpectation, ternyata sampe di dalem ngga seperti yg aku bayangin. Yah, sama Garuda masih bagus Garuda lah. Susunan kursi kayak penerbangan domestic di Indo: 3-3. Pas check in udah dibilangin kalo kita ngga bisa dapet window, dapetnya aisle, jadi aku duduk di tengah dan Andin duduk di pinggir. Ngga lama, orang yg (harusnya) duduk di jendela dateng, seorang om-om Ukraina (kayaknya) kaya. Tapi si om ngga kedapetan tempat di hand luggage, akhirnya dia nyuruh aku duduk lagi tapi sambil bingung nyari2 pramugari. Aku tunjukkin di mana si pramugari berada, dan si om pun nyamperin. Aku nungguin si om balik tapi kok lama banget, padahal pesawat udah siap take off. Aku liat ke belakang, eh ternyata si om duduk di belakang, emang ada beberapa kursi kosong pas itu.

Pesawat pun take off, meninggalkan silaunya London siang itu.
Di dalem pesawat, suasana Eropa Timur sudah mulai terasa. Kanan kiri depan belakang, eh nggak juga ding, sebelah kananku Andin n sebelah kiriku langit kok :p. yah mulai dari muka-muka pramugari dan penumpangnya, sampe buku panduan keselamatan yg udah pake bahasa blukutuk-blukutuk. Karena di penerbangan sebelumnya aku tidur cuma ngga sampe sejam, jadi aku putusin buat tidur di penerbangan ini. Aku coba buat tidur, ngga bisa bisa, aku coba lagi tetep ngga bisa, ada apakah gerangan? Ooh ternyata….SAYA LAPAR !!! mana makanan ngga dateng2 lagi… akhirnya aku ke kamar mandi dulu, pas lagi ngantri, aku sempet ngintip ruang pramugari di belakang, ohh!ternyata makanan sudah siap! Emang udah kecium bau-bau mentega gitu deh.. yes, semoga makanannya manusiawi…

Begitu kembali ke tempat duduk, makanan udah siap di meja. Bismillahirohmanirohim, voila! Waaaw, NASI AYAM! Aku icipin rasanya kayak nasi Hainan tapi enak juga kok, yah namanya juga orang laper. Selesai makan aku nyoba lagi buat tidur, oh yah, aku tertidur.

Kiev Sky, 15.30 GMT +2

Kebangun, di luar masih awan. Tiba- tiba: ‘ting-tong, dear passanger…’ ooh wooow, ternyata sebentar lagi mendarat..hemm hemm saya puas lah tidur 6,5 jam termasuk beda waktu hehe.. ngga lama kemudian mulai tampak di jendela hamparan dataran putih di bawah sana, aku deg-degan banget sebentar lagi aku bakal ngeliat yang namanya salju untuk yg pertama kali dalam hidupku. Pesawat pun mendarat dengan mulus, meskipun interior sekelas Li*n Air, tapi pilotnya at least lebih baek lah..

Kiev, Ukraine. 17.00 GMT +2

Turun dari pesawat hawa dingin menusuk kulit. Meskipun aku udah pake 3 lapis baju berbahan wol yang pasti bikin keringetan kalo dipake di jogja meskipun satu lapis aja, tapi tetep aja si hawa dingin menyusup-nyusup. Abis turun langsung naek shuttle bus. Turun di terminal, langsung berupa loket imigrasi. Yang masuk ke bagian WNU (warga Negara ukraina) lebih dari separoh, dan itu berarti di bagian loket asing Cuma segelintir dua gelintir lah. Aku dan Andin ngisi immigration card dan mulai ngantri. 5 menit eh udah selesai, cepet banget ngga kaya di London (ya iyalah!).

Selesai dari loket imigrasi, kita ambil bagasi. Ngga perlu nunggu conveyor belt, ternyata bagasi kita ‘udah ada yang nurunin’ dari ban berjalan itu. Kita samperin. Tapi, oh, WTH, apa2an ini? Koper besar gue cacat dimana2: handle ilang, bodi remuk. Ah sial nih. Akhirnya kita ke bagian cek ulang bagasi. Si andin udah jalan duluan dan dia suruh masukin barang2nya ke scanner lagi dan ditanya2in macem2.

Begitu aku dateng, si om2 petugas Cuma nanya:
“student?”
gue jawab : “yes”
petugas: “go, go..”

ngek. Sementara si Andin berkutang—eh—berkutat naekin barang2nya lagi ke troli, aku langsung aja nglewes keluar HAHAHAHA B-)

andin juga udah selese akhirnya kita keluar bareng dan mencari2 tulisan “AIESEC HERE!” ato “Mr.Andin n Ms.Dana” ato “SEMBAKO MURAH” (loh salah ya?) tapi ngga ada. Akhirnya kita ke pojok n berharap seseorang bakal menyadari wajah2 eksotis ini dan menyadari bahwa kamilah yg mereka cari. Sementara kita nongkrong di pojokan, banyak juga om2 yang nawarin (bukan, bukan nawarin gituan) tumpangan, alias taksi, termasuk mas2 yg mirip Andrei Arshavin. Ternyata ngga jauh beda sama di Soekarno-Hatta ato Stasiun Gubeng (nggak, nggak di Juanda kok. Juanda ngga gitu deh.), sopir2 taksinya pada agresif hahaha.

Sepuluh menit nungguin, kok ya ngga ada yg nyamperin. Aku udah parno secara keadaan kita: orang asing, di tengah orang2 yang bahasanya kita ngga tau sama sekali, kedinginan, dan ngga tau contact person. Aku sms ibuku : Ma, aku udh nyampe Kiev tp yang jemput ngga muncul2, coba tlpin kedutaan/orang2nya…

5 menit, 10 menit kemudian belom ada balesan. Aku coba sms lagi: MA…Piye iniii?!! Tetep ngga ada balesan. Tiba2…

Andin: ya Allah, Mano!!
Aku: apa ndin!
Andin: tas pinggangku mana?? *nyari2 di sekitar troli
Aku: yaampun piye toh, tadi terakhir dimana???!!
Andin: pas cek ulang bagasi tadi tak lepas, tak taroh scanner, terus…..
Aku: …lupa ngga kamu ambil???
Andin: iya paling.. aduh piye iki, paspor duit nyawaku semuanya disituu!!!
Aku keinget pas di Heathrow pagi tadi, aku ngeliat ada konter bertuliskan: Lost Baggage Claim
Aku: coba cari Lost Baggage Claim Counter!
Andin: piye2 caranya?
Aku: coba ke informasi terus nanya. Itu di sono noh, information counter.. *nunjuk
Andin: ok ok, tunggu sini ya..

Bagus. Sekarang kondisinya jadi: orang asing, di tengah orang2 yang bahasanya kita ngga tau sama sekali, kedinginan, dan ngga tau contact person, dan temen gue kehilangan tas pinggang, dan dia nyari2 info sehingga gue SENDIRIAN! Aduh kalo ada yg nyulik gimanaaa? xO Ya Allah tolong

5 menit sepeninggal andin, ada sesosok mbak-mbak cantik berambut panjang (bukan, bukan mbak kunti ato sadako-chan) deketin aku.

Mbak2: are you from AIESEC?
Aku: yes..
Mbak2: *tampang lega* ah, finally. I’ve been waiting for 15 minutes and trying to call you but your phone couldn’t be reached, this is your number, right? *nunjukkin hapenya ke depan hidung gue
Aku: ah d*mn it I forgot to tell Margaryta that I’d be use another number here, so it was my fault, sorry..
Mbak2: okay, so I am Maya and you…..
Aku: Dana
Maya: ah yes, Dana. But I thought you were with another one?
Aku: oh yes, he’s losing his waistbag and I told him to go to lost baggage claim counter, he told me to wait here
Maya: uhm, maybe he has to be fast cause our train to Lugansk will go in 30 minutes.. how’s his appearance?
Aku: he’s the same tall as me, wearing brown jacket and with Asian face
Maya: ok, I will try to look for him, wait here..
Another 5 minutes, 2 orang itu dateng , yang satu mukanya dikit kesel tapi lega, yang satu mukanya bingung plus merasa bersalah.
Maya: we can go to station by bus it will be cheaper, but it will take too long and too hard with your luggage, so maybe we can take the taxi.

Si mbak ngilang sebentar dan kembali bersama si kembarannya Andrei Arshavin.

Maya: let’s go guys…

Si Andrei Arshavin ‘merampas’ troli dari tanganku dan kita lari2 kecil menuju mobilnya dia. Begitu keluar gedung airport, buset dingin mampus, mana gerimis rintik2 lagi..
Kita masuk mobil dan segera meluncur ke stasiun. Selama perjalanan aku ngga abis pikir, nih sopir taksi aja gantengnya sama ama pemain bola, terus yg jelek disini kaya apa ya? Xp. Udara di mobil cukup menolong tanganku yg udah beku, soalnya si mas Andrei punya penghangat di mobilnya. Huff, thanks God..

Kita pun sampai di stasiun. Selesai turun kita langsung menggeret koper masing2. Argh sial, mana koperku handle nya ilang lagi, jadi musti ngangkat puller nya kalo pas di tangga. Begitu nyampe peron, si kereta udah siap meluncur. Oow, kita buru2 naik dan menaikkan barang2 kami yang total beratnya kurang lebih hampir sama dengan berat badanku itu. Bayanganku, setelah perjuangan itu, kita bisa langsung duduk dan istirahat di kereta yang hangat, tapi….

Maya: guys, our place is in wagon number 15 and this is wagon number 7. Let’s move.

Sambil sedikit bingung, kita ngikutin si mbak. Tuhanku! Ternyata ngelewatin satu gerbong dengan bawaan total 30 kg dan bervolume-entah-berapa itu bagaikan latian lat pull down di celebrity fitness dengan beban 20 kg sebanyak 10 x 3 repetisi (hassyah opo kui). Soalnya FYI gerbong itu gang nya sempit abis dan ngga mulus lantainya. Belom lagi kalo diliatin orang2, jadi serasa nambah 1 repetisi lagi. Kita terus berjuang, bolak balik diliatin n diketawain orang2 yg ada di gerbong yang kita lewatin. Malah di suatu gerbong, gara2 aku udah capek abis mampus, aku kesusahan banget geret koper, ada cowo di belakangku mau lewat kehalang aku, sampe dia ngangkatin koperku tinggi2 seolah ngomong: ‘ayo neng, ke mana nih kite? Aye tolongin dah’ . tapi aku menolak dengan cara halus-tanpa-kata.

Ngeliat gerbong tujuan kita tuh kaya ngeliat oase di padang gurun. Ternyata kita kedapetan tempat kelas 3 dengan tempat duduk bertingkat yang bisa dijadiin kasur dan tanpa kompartemen. Sebenernya hal pertama yang aku pengen banget adalah: MINUM! Ya, sehabis fitness pasti butus minum kan? Hehehe.. nah kebetulan si Maya nawarin:

Maya: kamu mau kopi apa bir?
Aku: (dalam hati) bir…kopi…bir….kopi… AIR PUTIH AJA MBAK KALO BISA
Maya: okay

Ngga lama si mbak balik dari somewhere dengan sebotol air mineral berjudul BONAQUA berwarna biru tua. Aku pun minum. Pssshht…eh, WTH? Kok maknyuss?? Mungkin tampangku ketok ndeso banget kali ya makanya si Maya ketawa dan jelasin kalo air putih favorit disini itu yang ada ‘gas’ nya. Jadi kayak sprite tanpa rasa lime dan gula. Setelah ngobrol-ngobrol dikit, akhirnya kita memutuskan buat pergi tidur aja. Kasurku ama Maya di tingkat atas, kasur andin di sel sebelah. Kata maya, tidur senyaman mungkin soalnya keretanya bakal nyampe Lugansk besok pagi.

Beberapa kali aku kebangun di antara tengah malem dan pagi2 buta, lampu gerbong masih mati, tapi kereta berhenti, mungkin transit. Aku ngerasa gerah banget, tanpa mikir (iyalah orang masih belom sadar 100%) aku buka selapis bajuku. Bodo amat, di Eropa ini. Eh tapi masih pake baju daleman wol loh, gapapa deh paling ngga, ngga gerah2 amat. Aku lanjutin bobo.

Langit di luar udah terang. Ranjang si Maya udah kosong, berarti dia udah bangun dan turun. Abis Menuhin nyawa, aku juga ikut turun.

Aku: how long we will arrive at Lugansk?
Maya: in about two hours. You want coffee or tea?
Aku: coffee with milk please
Maya: *mesen ke ibu2

Abis itu kita ngopi2 sambil ngobrol. Si mbak ngajarin aku percakapan sederhana dalam bahasa Rusia. Ngga kerasa 2 jam berlalu, Maya bilang stasiun selanjutnya kita turun. Aku pun siap2in semua.

Lugansk, Ukraine. 2nd February, 2010.
11.00 GMT +2

Akhirnya kereta berhenti. Begitu aku turun, kayak ada orang se RT pada teriak: WELCOME!! Sambil bawa balon warna-warni. Setengah kaget sisanya seneng, semuanya meluk aku satu2. Terus kita disuruh motong dan makan roti sebagai tradisi. Suasana di Lugansk dingin, tapi salju mulai meleleh di mana2, bikin jalanan jadi becek dan licin. Perjalanan dari stasiun ke apartmen ngga terlalu jauh ternyata.

Apartemen—atau yang biasa disebut flat disini—kita cukup nyaman. Satu kamar tidur yang (katanya) khas ukraina banget dengan satu single bed dan satu sofa yang bisa dibentuk jadi double bed, satu kamar mandi, dan dapur. Kita pun menata dan barang2 sementara temen2 AIESEC belanja bahan2 makanan dan keperluan kita sehari2 di supermarket, aku aja masih sempet mandi.

Mereka pun balik, yang cewe2 masakin makan siang buat kita sementara yg lain ngobrol2 sama aku dan andin. Semuanya welcome dan ramah sekali. Begitu makanan jadi, mereka pun ninggalin kita dan mengucapkan selamat beristirahat.

Setelah makan, aku ngeliat ke luar jendela. Subhanallah, ini ya yang namanya winter. Hamparan putih sejauh mata memandang dan hawa yang menusuk tulang. Aku pun memutuskan buat main keluar di halaman dan menyentuh salju itu untuk pertama kalinya. Sekaligus mengambil beberapa foto.
Setelah perjalanan udara selama kurang lebih 22 jam dan perjalanan darat 16 jam. Badanku serasa remuk. Akhirnya kita memutuskan untuk tidur selepas matahari terbenam biar besok bisa sangat segar!
Setelah bagian ini, aku bakal nulis bagian-bagian selanjutnya dalam bentuk yang lebih jelas dan focus, dengan rentang waktu per minggu. So, see you in the next posting! :*

No comments: