Pick one you like!

Sunday, February 28, 2010

Week #3 and #4: Weeks of Understanding

Minggu ketiga dan keempat: 15 Februari 2010 - 28 Februari 2010

Sudah hampir sebulan aku berada di negeri orang, negeri yang ngga terima beda Negara, beda benua! Ngga terima nyebrang daratan, nyebrang lautan! (yaiyalah secara Indonesia Negara kepulauan, man)

Sudah hampir sebulan aku ngga nonton yang namanya liputan 6, silet, KISS, termehek-mehek, bukan empat mata, bioskop trans tv…

Sudah hampir sebulan aku ngga makan rawon, sate, rujak cingur, pempek, gudeg, tahu tek, mi pangsit, bahkan mungkin ngga makan beras (gue ngga—belom bisa masak beras tanpa rice cooker -.-)

Tapi yang paling kerasa,
Sudah hampir sebulan aku ngga ketemu orang tuaku, adekku, sodara2ku, sahabat2ku, temen2ku, pacar2ku (loh nduwe tah? Siji wae ngga ono kok ngomong pacar-PACAR -.-). Rasanya tiap malem pengen nangis aja..

Tapi, ngapain juga udah jauh2 kesini kok malah cuman nangis? Kesini tuh bukan cuman ngajar non! Tapi juga belajar, belajar apapun: bahasa lain, budaya lain, belajar mandiri, belajar survive, belajar sabar, belajar ngertiin orang *Dana yang menasehati dirinya sendiri, bagus deh.

Ya, belajar ngertiin orang. Di sini aku tinggal bareng 2 cowo yang—jelas—kebiasaan dan sifatnya beda. Andin: orangnya manut, helpful, dikit2 sungkan, ngga ada kata kenyang di kamusnya, kalo ngelawak selalu hampir agak sedikit lucu, kalo kentut ngga dipencet tombol MUTE-nya, dll. Sementara Roy: orangnya ceria, talkative, ngga punya sungkan, tiap pagi selalu nyetel lagu2-dari-negaranya-dengan-volume-yg-tidak-bersahabat, kalo pagi sarapannya dikit tapi begitu malem empat piring pun masih kurang, agak suka seenaknya sendiri soalnya kebiasa jadi anak tunggal.

Nah, sifat yang terakhir ini sempet bikin percikan di antara kita (ceilah). Gini ceritanya:
Jadi kita bertiga itu dapet jatah internet 170 MB per hari dengan satu modem. Untuk nyari bahan ngajar sama buat chatting pake IM itu udah cukup banget lah. Dari awal kita udah sepakat ngatur jam2 make nya juga. Nah, pada suatu hari, sepulang dari ngajar, Andin minta jatah make duluan. Beberapa jam berlalu, gentian Roy yang make. Oke, aku ngalah, aku bakal make modemnya besok paginya. Aku pun pergi tidur.

Malam itu lumayan dingin. Aku kebangun beberapa kali gara2 kedinginan. Pas aku kebangun itu samar2 aku kedengaran suara dari arah dapur. Suara2 orang ngomong pake bahasa yang aku ngga tau. Namanya juga ‘ngelilir’ ngga jelas lah pokoknya. Beberapa kali kebangun itu aku denger suara2 itu terus.
Paginya aku bangun, dan pas masih setengah sadar, aku liat si koko masuk dari arah dapur sambil bawa Mac-nya, dan langsung mblengsek molor di kasur. Aku pergi ke dapur buat masak air sambil bawa laptop dan menikmati giliranku ber-internet ria. Aku klik tombol ‘connect’. Tapi ngga kayak biasanya, lama banget si modem baru bisa ter-autentikasi. Aku buka salah satu browser dan aku masukkin alamat web langgananku—haha, ya, facebook. Eh, tapi tiba2 keluar kayak sehalaman ‘WORO-WORO’ dalam bahasa prancis atau “ACHTUNG’ dalam bahasa maluku, ada tulisan ‘увага’ atau bacanya ‘uvaga’ yang artinya ‘perhatian’. Sisanya semua tulisan bahasa kraus-kraus dalam huruf Cyrillic yang meskipun aku isa ngeja dikit2, AKU.NGGAK.NGERTI.ARTINYA. akhirnya aku telpon eva, aku coba bacain itu tulisan ke dia, dan katanya, itu berarti: PULSA DI MODEM HABIS…

…WHATHELL?! Perasaan baru kemaren, itu modem diisi pulsanya dan itu jatah untuk sebulan, tapi habis dalam waktu semalam??

Jadi kalo disini itu gini sistemnya: kita deposit untuk modem, 2 grivnas (Rp.2500) per hari untuk 170 MB, jadi sebulan bisa deposit 60 grivnas. Tapi kalo udah lewat 170MB, sisa pulsa bakal keambil kelipatan 10 grivnas untuk tiap kelipatan 10 MB. Jadi kalo misalnya sehari habisnya 200 MB, pulsa yg kepotong ya 32 grivnas. Nah ini 60 grivnas habis kan berarti telah dipakai kurang lebih 220 MB dalam waktu semalam!!
Andin bangun dan denger aku ngobrol di telpon sama Eva, dan dia lapor kalo semalem dia juga bangun buat pipis dan ngeliat si koko di dapur lagi streaming video call. OH, YA SEKARANG JELAS KALO BEGITU. Aku pun jelasin sama Eva. Di tengah2 pembicaraan, si koko nongol ke dapur mungkin kedengeran suaraku. Aku masih ngomong ama Eva sementara dia mulai melancarkan kata2 pembelaannya dia.

Begitu aku selese telpon…

Roy: ngapain kamu ngadu2 ke mbaknya kayak gitu?

Aku: loh, aku cuman bilang kalo internetnya habis kok, terus dia nanya kenapa yaudah aku jelasin..

Roy: semalem tu aku ada masalah sama mantanku, makanya kita harus video call, blab la blaa.. ini cuman masalah kecil aku ngga mau cuman gara2 ini kita jadi berantem kayak gini, aku marah sekarang. Ini cuma perkara modem, aku bisa beliin pulsanya, aku punya duit kok! Berapa sih??!

Aku: aku ngga masalahin duit, aku juga punya kalo cuman duit! Ini masalahnya tentang berbagi.
Meskipun kamu teriak2 kamu punya duit sekarang tapi mana? Internetnya gak balik kan? Untung ini aku ngga butuh2 bgt, nah kalo aku pas butuh bgt gimana?

Yah begitulah, anak tunggal dalam keluarga, kebiasa dimanja, kebiasa apa2 tersedia, kebiasa semuanya buat dia, ngga biasa berbagi.

Masalah kedua, waktu malem ngerayain Men’s Day.
Apa itu Men’s Day? Men’s Day itu Hari Pria (ya kucing gue juga tau kalo gitu doang). Sebenarnya itu perayaan buat pria yang berangkat wajib militer demi melindungi bangsa dan Negara, tapi karena sekarang udah ngga ada lagi yg namanya wajib militer, jadilah itu hari semua pria.
Pada awalnya, Pasha janjiin Andin dan Roy buat keluar bareng pas malem perayaan itu, mungkin aja ke night club. Nah, waktu itu aku udah siap2 ditinggal sendirian di flat. Eh tapi begitu Pasha dateng jemput di flat, aku diajakin juga. Entah emang karena dia pengen aku ikut ato karena dia kesian ngeliat cewe cantik lemah gemulai bakal ditinggal sendirian di flat di malam yg dingin itu :p. Akhirnya jadilah kita keluar berempat. Ternyata eh ternyata, Sergey udah nungguin di tengah perjalanan.

tuh gede kan mejanya?


Sepanjang perjalanan, Roy excited banget tentang night club dan night club. Tapi Sergey bilang, kalo mau ke night club, dia ngga bakal ikut soalnya ngga punya uang (ya, orang sini kalo ngomong apa2 frontal bgt, ngga atek gengsi2an barang). So, kita ngga jadi ke night club, kita mutusin buat maen billiard di Kino. Kita pun maen billiard Rusia: meja lebih lebar dengan lobang lebih kecil dari billiard Amerika= lebih susah. Di tengah2 kita maen, salah satu AIESECer cowo dateng lagi, namanya Zhenya ato biasa dipanggil Kabal (ngga tau kenapa). Cowo yg manis dan ramah, ngajarin aku maen billiard, ngga kayak Pasha, malah menjerumuskan -.-

gaya banget lah gue


Selesai maen billiard, kita jalan lagi, bermaksud nyari tempat makan. Kita pun ke Ravenna, resto pizza deket stadion. Kita pesen dua pizza gede masing2 6 slices untuk 6 orang. Jadi per orang dapet 2 slices. Ya jelas lah, 2 slices pizza tipis sama sekali bukan makan malam bagi Roy, baginya itu cuman snack. Dia pun request buat dipesenin makanan laen lagi, tapi Kabal dan Pasha bilang ngga usah soalnya mereka bakal masakin sesuatu buat kita di flat nanti.

Kita pun pulang, Sergey berpisah jalan ama kita di center, kita pun balik berempat. Sampe di flat, ternyata udah malem banget, jadi si dua cowo Ukraina itu (eh satu ding, satunya Rusia) ngga jadi masakin kita dan langsung cabut abis numpang pipis.

Begitu mereka berdua pulang, si koko langsung buka laptopnya dan nggak-tau-ngapain-tanpa-suara-sama-sekali. Aku yang capek langsung siap2 buat tidur. Kita bertiga ber-autis dalam keheningan. Tiba2 roy yang (mungkin) udah ngga tahan langsung nyeletuk: “apaan tuh tadi? Katanya perayaan? Perayaan apa? Kita ngga kayak ngerayain apa2 tadi! Cuman jalan, jalan, dan jalan terus, capek iya, seneng ngga dapet.”

Aku dan Andin cuman diem, maklum lah 2 kali kemauannya ngga diturutin malam ini, aku bisa paham kenapa dia uring2an. Sebelum tidur, aku nyeletuk juga: “hmm, iya capek sih, tapi kapan lagi kita bisa maen billiard Rusia kalo ngga tadi sama mereka. Kamu juga seneng kan tadi pas maen?” dan aku langsung ngorok (ngga ding).

Yah tapi gimana pun, aku harus bisa maklum, kalo pengen bisa dimaklumin. Toh kita masih punya kurang lebih 6 minggu buat berangkat ngajar sama2, jalan2 sama2, makan sama2, tidur sama2 (eh maksudnya sama2 waktunya), dan aku bisa jadi semakin dewasa juga dalam memandang suatu masalah, Alhamdulillah deh ;)

No comments: